Christopher Columbus

 


Christopher Columbus adalah penjelajah Genoa yang bekerja untuk Spanyol pada abad ke-15. Pada 3 Agustus 1492, Columbus berangkat dari Pelabuhan Palos de la Frontera di Spanyol dengan tiga kapal: Santa Maria, Pinta, dan Niña. Perjalanan ini memiliki tujuan untuk menemukan rute laut ke Asia Timur, terutama India, dengan mengelilingi bumi ke arah barat. Columbus yakin bahwa rute ini lebih singkat daripada rute tradisional ke timur melalui Tanjung Harapan.

Berikut adalah rangkaian peristiwa utama dalam perjalanan Columbus:

  1. 3 Agustus 1492: Columbus dan krunya berangkat dari Spanyol.

  2. 12 Oktober 1492: Setelah berlayar selama sekitar dua bulan, Columbus tiba di sebuah pulau di Bahama, yang sekarang dikenal sebagai San Salvador. Ini adalah pertama kalinya orang Eropa mencapai wilayah Amerika.

  3. 28 Oktober 1492: Columbus mencapai pulau Cuba, yang dia kira adalah bagian dari daratan Asia.

  4. 5 Desember 1492: Columbus tiba di pulau Hispaniola (kini terbagi antara Haiti dan Republik Dominika). Di sana, dia mendirikan pemukiman yang dinamakan La Navidad.

  5. 24 Desember 1492: Santa Maria, kapal utama Columbus, karam di pesisir Hispaniola.

  6. 13 Januari 1493: Columbus meninggalkan Hispaniola dan kembali ke Spanyol dengan Pinta dan Niña.

  7. 15 Maret 1493: Columbus tiba di Spanyol, di Pelabuhan Palos de la Frontera, setelah perjalanan yang berhasil meskipun satu kapalnya tenggelam.

Perjalanan Columbus memicu serangkaian ekspedisi dan penjelajahan lebih lanjut, membuka jalan bagi Eropa untuk menjelajahi dan mengklaim wilayah-wilayah baru di Amerika. Namun, penting untuk diingat bahwa peristiwa ini juga membawa dampak negatif terhadap penduduk asli Amerika karena masuknya penjajah Eropa membawa penyakit, peperangan, dan penindasan.

Comments

Popular posts from this blog

Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield