Partai Gerindra


Partai Gerakan Indonesia Raya
, atau yang lebih dikenal sebagai Gerindra, didirikan oleh Prabowo Subianto pada tanggal 6 Februari 2008. Prabowo Subianto adalah seorang tokoh militer dan politik Indonesia yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Komandan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dan memiliki latar belakang keluarga yang terlibat dalam politik dan ekonomi.

Berikut adalah beberapa poin kunci sejarah berdirinya Partai Gerindra:

  1. Latar Belakang Politik Prabowo: Sebelum mendirikan Gerindra, Prabowo Subianto sudah aktif di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Menko Polkam (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan) pada pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.


  2. Pemilihan Presiden 2009: Partai Gerindra pertama kali mencuat dalam pemilihan presiden tahun 2009. Prabowo Subianto mencalonkan diri sebagai calon presiden dan diusung oleh Partai Gerindra. Meskipun pada saat itu Prabowo tidak berhasil memenangkan pemilihan presiden, namun partai ini mampu meraih kursi di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat).


  3. Ideologi dan Program: Gerindra diidentifikasi sebagai partai dengan ideologi nasionalis dan program-program yang menekankan pada pemberdayaan ekonomi rakyat dan keadilan sosial. Partai ini juga mengusung semangat perubahan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.


  4. Pemilihan Presiden 2014 dan 2019: Pada pemilihan presiden tahun 2014, Prabowo Subianto kembali mencalonkan diri sebagai capres dan diusung oleh Gerindra. Meskipun pada pemilihan tersebut Prabowo kalah, partai ini terus aktif dalam politik Indonesia. Pada pemilihan presiden tahun 2019, Prabowo kembali mencalonkan diri dan kali ini sebagai wakil presiden, mendampingi calon presiden Sandiaga Uno. Namun, mereka juga kalah dalam pemilihan tersebut.


  5. Peran dalam Pemerintahan: Setelah pemilihan presiden 2019, meskipun kalah, Prabowo Subianto diangkat sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal ini menunjukkan dinamika politik di Indonesia, di mana sejumlah tokoh politik yang sebelumnya bersaing dapat berkolaborasi dalam pemerintahan.

Partai Gerindra tetap menjadi salah satu kekuatan politik utama di Indonesia dan memiliki peran yang signifikan dalam peta politik nasional.

Comments

Popular posts from this blog

Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield