Ambruknya Jembatan Sikabu, Yendri Diduga Lindungi Bobrok PT. Maidah


Padang Pariaman, Kriminal -- Ambruknya Proyek Rehabilitas Rekonstruksi Jembatan Sikabu Kayu Gadang yan telah memakan korban jiwa diduga disebabkan oleh pekerjaan yang dinilai tidak sesuai aturan. Anehnya, Yendri selaku PPK diduga turut menutup - mutupi kelemahan yang dilakukan PT Maidah Rekajaya dalam pengerjaan konstruksi jembatan tersebut.

 Kepala dinas BPBD Budi Mulia tidak merespon konfirmasi media ini Ketika persoalan ini , dikonfimasikan kepada Yendri selaku PPK Proyek Rehabilitas Rekonstruksi Jembatan Sikabu melalui via whatsapp terkesan pro rekanan, karena jawabannya tanpa ada dokumen foto yang kuat. Pasalnya, untuk keselamatan pekerja memang banyak alat pendukung yang harus di kenakan para pekerja.

"Dalam melaksanakan pekerjaan pihak direksi telah menanda tangani kontrak yang mana di dalamnya telah tertuang SOP dan metoda kerja pelaksanaan pekerjaan untuk dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana dan sesuai informasi pelaksana lapangan, sebelum pekerjaan dimulai pekerja telah ditanya tentang keahlian dan metoda kerja pembongkaran, sehingga pelaksana menanggap pekerja secara prosedur menguasai pekerjaan, namun yg namanya kecelakaan bisa saja terjadi disebabkan kekuatan jembatan lama yg telah berkurang dimakan usia lebih dari 50 tahun". ungkap Yendri.

"Kedua, sampai saat ini belum ada kesimpulan kelalaian oleh siapapun karena masih dalam penyelidikan pihak berwajib". tambahnya

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, untuk pembokaran jembatan ini kuat dugaan tidak menggunakan dukungan alat seperti yang tertera pada KAK seperti : Concrete mixer dalam kondisi baik kapasitas 0.3 – 0.6 M3 sebanyak 2 unit, Crane dalam kondisi baik dengan kapasitas 35 Ton 2 unit dan Pile Driver + Hammer kondisi baik dengan kapasitas 35Ton 1 unit tidak berada di lokasi saat pembongkaran jembatan tersebut.

Parahnya, Personil inti yang harus dimiliki untuk melaksanakan pekerjaan ini seperti site manejer, pelaksana dan Quality Control yg mempunyai sertifikat ahli dan K3 untuk keamannan kerja disinyalir tidak berada  di lapangan. Berita ini pun dianggap semua ada dilokasi saat kejadian namun tidak satupun foto yang dapat dikirimkan untuk menguatkan semua dugaan kami berada d lokasi.


#Med

Comments

Popular posts from this blog

Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield