Puluhan Warga Lampung Timur Suspek DBD, Pemerintah Belum Tetapkan KLB

Lampung Timur, Kriminal.id---Puluhan warga Desa Braja Asri diduga terjangkit demam berdarah dengue (DBD), hal itu dikatakan Kepala Desa setempat usai melakukan sosialisasi 3 M di Dusun I Desa Braja Asri Way Jepara Lampung Timur, Sabtu (1/2/2020).
Menurut kepala Desa Braja Asri, belum ada catatan yang pasti jumlah warga yang diduga terjangkit DBD.
“Masih dilakukan pendataan terus , jumlah pastinya belum bisa diungkap namun yang jelas lebih dari 60 orang warga kami yang sudah dirawat di puskesmas dan RS permata hati," Ujar Darusman.
Menurut Darusman pihak Puskesmas sudah melakukan Fogging, pada saat 8 warganya mengalami Suspek DBD,
” Namun setelah Fogging dua hari kemudian malah meledak jumlah warga yang Suspek DBD hingga mencapai puluhan,” Tambah dia.
Warga diminta untuk menjaga kebersihan dengan pola Menguras, mengubur dan menyimpan (3 M) barang barang yang dapat menampung air sehingga memudahkan nyamuk berkembang biak.
”Bukan hanya himbauan kami juga langsung mengadakan lomba kebersihan antar RT dengan hadiah 2 Ekor kambing, hal ini untuk memacu semangat warga dalam menjaga kebersihan," Ungkapnya.
Ditambahkan oleh Darusman bahwasanya hingga saat ini pemerintah belum menetapkan kasus DBD di Desa Braja Asri menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB)
Sementara itu pihak RS Permata Hati Way Jepara Lampung Timur membenarkan adanya puluhan pasien dari Desa Braja Asri yang menjalani perawatan
Petugas Jaga RS Permata Hati Dr. Wayan Ferly mengungkapkan dalam 1 minggu terakhir lebih dari 50 pasien mendapat perawatan karena DBD,
"Dalam 1 hari pasien yang masuk akibat DBD 10 hingga 15 pasien, sebagian sudah diperbolehkan pulang setelah dilakukan perawatan," ujarnya. (Edi)

Comments

Popular posts from this blog

Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield