Pariangan Desa Terindah di Dunia

Tempat wisata di Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari potensi wisata Sumbar yang cukup lengkap, dimana hampir semua jenis objek wisata ada di wilayah yang terkenal dengan “Masakan Padang” ini.
Mulai dari wisata alam yang beragam, seperti laut, pantai, gunung, danau, dan ngarai hingga potensi wisata lain yang sangat menarik digali lebih lanjut berupa fesival budaya yang mengangkat nilai-nilai teradisional Sumbar yang luhur.
Banyaknya detsinasi wisata yang bisa disambangi saat liburan tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para wisatawan. Selain leluasa merencanakan liburan dengan objek wisata favorit, wisatawan juga bisa memilih jenis kegiatan wisata yang akan dilakukan, menikmati keindahan alam, melakukan kegiatan seru, menyaksikan berbagai macam atraksi budaya hingga mengeksplorasi beberapa sudut kota yang penuh dengan sejarah.
Sumatera Barat kaya akan obyek wisata, bahkan di akhir tahun 2012 Nagari Pariangan, salah satu desa di Tanah Datar, termasuk dalam daftar desa terindah di dunia versi Budget Travel, bersanding dengan beberapa desa lainnya dari Swiss, Perancis, Ceko dan Kanada.
Keindahan desa bukan hanya diukur dari pesona alam yang masih asri saja, tetapi keunikan desa dengan gaya arsitektur kuno yang masih lestari hingga saat ini merupakan penilaian tambahan hingga sejajar dengan desa di belahan dunia lainnya.
Jadi penasaran kan untuk mengunjungi salah satu desa terindah di dunia ini?
Nagari Pariangan yang juga disebut dengan Nagari Tuo Pariangan terletak di lereng Gunung Marapi, gunung berapi yang statusnya masih aktif hingga sekarang.
Masyarakat setempat percaya, kebudayaan Minangkabau lahir di Nagari Pariangan, dilihat dari adanya peninggalan sejarah berupa prasasti, menhir, batu tigo luak, dan lainnya.
Mengutip laman bobo.grid.id, Nagari Pariangan dipilih menjadi desa terindah di dunia berdasarkan beberapa aspek.
Satu di antaranya adalah alamnya yang asri. Selain itu, aspek warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik dan menjadi ciri serta identitas budaya Sumatera Barat.
Desa Nagari Pariangan terletak di Kabupaten Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat.
Menurut sejarah, Nagari Pariangan adalah desa tertua di Ranah Minang. Hal ini berdasarkan kepercayaan masyarakat Minang yang percaya, nenek moyang mereka berasal dari puncak Gunung Marapi.
Konon, pada zaman dahulu puncak Gunung Marapi berupa daratan, sedangkan daerah lainnya dipenuhi air lautan. Setelah air laut surut seiring waktu, masyarakat membuat permukiman di sekitar puncak Gunung Marapi. Ada banyak rumah adat yang menjadi ciri khas desa Nagari Pariangan.
Rumah Gadang, yang merupakan rumah tradisional Minangkabau juga masih banyak terdapat di desa ini. Bahkan, beberapa di antaranya sudah berusia ratusan tahun.
Selain itu, keindahan sawah yang hijau juga menambah pemandangan Nagari Pariangan.
Ada beberapa spot wisata yang bisa dikunjungi di Nagari Pariangan.
Seperti Masjid Tuo Minangkabau, Kuburan Panjang Datuak Tantejo Gurhano, Balai Saruang, Air Terjun Najun, dan Lasuang Gadang. Ada pula prasasti dengan huruf Palawa dan bahasa Sanskerta yang bernama Batu Basurek.
Nah, bagaimana traveler, berminat memasukkan Nagari Pariangan ke bucket listmu selanjutnya?

Comments

Popular posts from this blog

Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield