Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Solok, Kriminal.id---Danramil 05/ Tanjung Balik Kapten Inf Raja’i sebagai perpanjangan komando dari Kodim 0309/Solok bersama pemerintah nagari diwakili oleh Sekretaris Nagari Ade Candra, Kepala Jorong Balansia Ulih, Babinkantibmas dari Polsek Tanjung Balik,  serta masyarakat setempat gerak bersama laksanakan kegiatan penghijauan penanaman Vetiver (akar wangi) di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok, Selasa (04/02/2020).
Di sela kegiatan berjalan, Kapten Inf Raja’i menerangkan, bahwa Vetiver merupakan tanaman rerumputan pengganti pepohonan yang bisa berfungsi untuk menahan pergeseran tanah akibat erosi, sehingga bencana lonsor bisa diminimalisir, termasuk target penanaman pada lahan-lahan kosong gundul berpotensi terjadinya longsor.
“Penghijauan penanaman tanaman jenis Akar wangi (Vetiver) memiliki banyak keistimewaan, karena akarnya bisa mencapai kedalamannya 4 atau 5 meter. Dengan kelebihan itu, tanaman ini tentunya dapat mencegah terjadinya erosi dan pergeseran tanah, atau bergeraknya tanah akibat curah hujan yang tinggi, sehingga dapat meminimalisir terjadi bencana tanah longsor, terutama pada lahan-lahan kosong rawan bencana,” paparnya.
Tambahnya lagi, selain penanaman Vetiver, penghijauan kali itu juga menanam tanaman keras berupa bibit Mahoni, Durian, Petai dan Mangga. Yang diharapkan pada masanya, selain memberi manfaat untuk mencegah terjadinya bencana, nantinya juga memberikan manfaat lainnya pada masyarakat setempat. Baik berupa buah dari pepohan tersebut, maupun untuk diambil kayunya, tapi tentunya setelah disiapkan tanaman berganti. Sehingga fungsi awal dari penanaman awal tetap terjaga.
“Pelaksanaan penghijauan yang dilaksanakan oleh Kodim 0309/ Solok melalui Koramil Tanjung Balik sekarang, selain penanaman tanaman akar wangi, penanaman yang kami laksanakan juga meliputi penanaman bibit pepohan tergolong tanaman keras. Yang nantinya bisa memberi manfaat bagi masyarakat, selain tujuan awalnya untuk mencegah terjadinya erosi dan meminimalisir terjadinya bencana longsor,” Imbuh Kapten Inf Raja’i.
Diakhir penyampaiannya, Danramil 05/Tanjung Balik juga mengajak seluruh elemen masyarakat disana untuk sama-sama mensukseskan dan membantu kegiatan penghijauan yang tengah digalakkannya untuk lestarinya bumi dimasa depan.
“Mari bersama-sama Kita Hijaukan Kembali Bumi ini Sebagai Wujud Kepedulian, dan Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa,” ajaknya. ( Miler)

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield