Kodim dan Polres Solok Bersinergi Laksanakan Penghijauan

Solok, Kriminal.id---Dalam rangka penanggulangan bencana berulang pada beberapa titik longsor yang sama, Rabu (29/01/2012). Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S. Sos, M.I. Pol bersinergi dengan Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suandi S.IK, berikut perangkat Nagari dan masyarakat Jorong Ujung Ladang Nagari Koto Sani Kec. X Koto Singkarak, berpadu laksanakan peduli lingkungan dengan kegiatan penghijauan dan penanaman rumput Vetiver (Akar wangi) di lokasi dampak bencana tanah longsor yang melanda beberapa waktu yang lalu.

Pada sela giat dilapangan, Dandim menjelaskan, pilihan menanam Vetiver (Akar wangi), karena tanaman ini adalah jenis rumput-rumputan berukuran besar dan memiliki banyak keistimewaan. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai bentuk kondisi tanah seperti areal perbukitan, dataran rendah dan tinggi serta daerah rawa dan bahkan pada bantaran sungai.

“Tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 1,5 hingga 2,5 meter serta akarnya bisa mencapai kedalaman mencapai 4 hingga 5 meter di media bebas hambatan dan dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan rendah maupun daerah yang curah hujan cukup tinggi,”tutur Letkol Arm Reno.

Ditambahkannya, tanaman akar wangi selain dapat menahan tanah tempat bertumbuh, Manfaat lainnya dari tanaman Vetiver tersebut, khusus bagian daunnya dapat menyerap karbon, bahan untuk atap rumah, mengusir hama dan bisa menjadi pakan ternak.

“Akar-akar Vetiver ini mampu menahan partikel-partikel tanah sehingga dapat mencegah erosi. Batangnya kaku dan keras, tahan terhadap aliran air. Jika ditanam rapat atau berdekatan, akan membentuk pagar dan mampu mengurangi kecepatan aliran air dan menahan material sedimen”. Imbuh Letkol Arm Reno.

Selanjutnya, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suandi S.IK yang ikut berjibaku penanggulangan bencana berulang disana juga menyampaikan ucapan terimakasih atas sinergi luar biasa dari Kodim 0309/ Solok dalam menyikapi bencana dimasyarakat.

“Ini kami harapkan dapat sedikit membantu bagi masyarakat, dan terima kasih kepada Kodim 0309/Solok, karena berkat inisiatif yang luar biasa, kita telah dapat bersama-sama melakukan usaha guna mencegah bencana berulang, yang tentunya kalau dapat tidak terjadi lagi, dan kalaupun terjadi, usaha kita ini nantinya diharapkan dapat meminimalisir terjadinya korban”, ungkapnya.

Selain itu, Kapolres Solok Kota juga menghimbau kepada seluruh masyarakat. “Kami, TNI-Polri merupakan bahagian dari masyarakat, dan hari ini kita telah bersinergi bersama mencegah terjadi bencana dengan penanaman Vetiver ini, kami berharap langkah ini nantinya dapat dilanjutkan oleh masyarakat”, pungkas AKBP Ferry mengakhiri. (Miler)

Comments

Popular posts from this blog

Danramil/ 05 Tanjung Balik Laksanakan Penanaman Vetiver

Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield